Selamat datang di Portal Berita BALITIK.com

Hari Terakhir Pendaftaran DCS, Parpol ‘Serbu’ KPUD Denpasar

Selasa, 28 Mei 20130 komentar


DENPASAR,--Hari terakhir pendaftaran Daftar Calon Sementara (DCS) untuk Pemilu legialatif (Pileg) 2014, Senin (22/4), kantor KPUD Kota Denpasar “diserbu” sejumlah partai politik peserta pemilu. Pada hari terakhir ini partai NasDem menjadi pendaftar pertama pada Senin. Partai besutan Surya Paloh ini mendaftarkan 100 persen calonnya untuk bertarung dalam pemilihan caleg di pemilu 2014 nanti.

Setelah NasDem, kemudian disusul parpol lainnya seperti PBB, kemudian PKPI, Hanura, Golkar dan terakhir PDI Perjuangan. “Dari daftar tersebut, PBB menjadi partai yang paling sedikit mendaftarkan calonnya yakni hanya mendaftarkan 4 perwakilan saja,” ungkap Ketua KPU Kota Denpasar, Made Gede Ray Misno, ST, M.S., Senin (22/4).

Dari partai-partai tersebut PBB menjadi partai yang paling sedikit mendaftarkan calonnya. Total perwakilan yang didaftarkan partai berlanbang bulan dan bintang ini hanya empat perwakilan. Empat orang ini untuk daerah pemilihan (dapil) Denpasar Barat I sebanyak 1 calon, kemudian Denpasar Barat II sebanyak 1 calon (perempuan). Kemudian Dapil Denpasar Timur 1 (perempuan) dan Denpasar Selatan 1 perwakilan.

Itu artinya, PBB hanya menyertakan sekitar 10 persen jatah maksimal yang diberikan kepada masing-masing parpol sebanyak 45 calon. Terkait dengan hal tersebut, Ray Misno menganggap hal itu tidak menjadi masalah dan tidak akan berpengharuh terhadap administrasi. “Untuk calon syarat maksimal adalah 100 persen atau 45 perwakilan,” ungkapnya. Tidak ada calon minimal yang ditentukan.

Partai yang sudah mendaftar sebagian besar mencalonkan 100 persen calonnya, diantaranya, PDI Perjuangan, Golkar, Demokrat, Gerindra, Hanura. Partai lainnya masih diangka 80 persen ke bawah seperti PKS, kemudian PKPI, PAN, PPP, PKB. “Saat ini kami masih akan lakukan verifikasi kelengkapan data,” papar Ray Misno.

Pendaftaran DCS hari terakhir, PDIP menjadi partai pamungkas yang mendaftar di menit-menit terakhir pendaftaran. “Kami sengaja mencari momen yang pas,” ucap Ketua DPC PDIP Kota Denpasar I Gusti Ngurah Gede. Diakuinya, calon yang diajukan sesuai mekanisme yang ditentukan termasuk dengan kuota perempuan yang didaftarkan.

Menurut Ray Misno, setelah pendaftaran selesai, selanjutnya proses verifikasi akan dilakkan KPU mulai tanggal 23 April hingga 6 Mei. Berlanjut tanggal 7 dan 8 Mei 2013 akan dikirimkan surat pemberitahuan kepada masing-masing caleg dan parpol mengenai kelengkapan syarat administrasi mereka. “Tahapan selanjutnya tanggal 9 hingga 22 Mei 2013 diberikan waktu untuk perbaikan dari masing-masing calon dan parpol. Setelah itu KPU menentukan nama-nama DCS untuk selanjutnya pada bulan Agustus 2013 diumumkan Daftar Calon Tetap (DCT),” pungkas Ray Misno. R-004 (Fajar Bali)
Bagikan Artikel :

Posting Komentar

 
Tentang Kami | Kontak Kami | Disclaimer | Hak Jawab | Lowongan
Copyright © 2013. DENPASAR - BALITIK.com - All Rights Reserved
Pasang Iklan | Lain-lain
Proudly powered by Blogger